Tugas dan Wewenang Kuasa Pengguna Anggaran

Di dalam Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 memang tidak ada satu pasal pun yang mengatur tentang tugas dan wewenang Kuasa Pengguna Anggaran secara eksplisit. Perpres ini secara terang benderang mengatur tugas dan wewenang  Pengguna Anggaran (PA) sebagaimana yang tercantum dalam pasal 8, yang berbunyi:

Pada ayat 4 pasal ini semakin memperjelas bahwa tugas dan wewenang seorang KPA adalah sesuai dengan pelimpahannya. Untuk itu dalam menerbitkan surat keputusan pelimpahan wewenang dari PA ke KPA perlu mencantumkan tugas dan wewenang yang dilimpahkan. Jika Surat pelimpahan wewenang tersebut tidak menjelaskan rincian tugas dan wewenang KPA, maka akan terjadi permasalahan yang kelak membingungkan KPA terutama dalam hal penetapan pemenang sebagaimana tercantum dalam pasal 10 ayat (1) huruf f. (lihat tulisan di atas)

Apakah mungkin seorang KPA kedudukannya yang setara dengan Pemerintah Daerah Tingkat II di Lingkungan Kementerian/ Lembaga/ Instansi pusat lainnya dilimpahi kewenangan untuk menetapkan pemenang untuk Pengadaan Barang/ Pekerjaan Konstruksi/ Jasa Lainnya dengan nilai diatas Rp100.000.000.000,00 (seratus miliar rupiah) atau Pengadaan Jasa Konsultansi dengan nilai diatas Rp10.000.000.000,00 (sepuluh miliar rupiah)?

Hal itulah yang harus dicermati oleh PA bahwa di dalam pembuatan Surat Keputusan pelimpahan wewenangnya perlu memperhatikan detil penugasan dan tanggung jawab yang akan dilimpahkan.

About these ads

Tentang indoagung

Slowly, but Sure
Galeri | Tulisan ini dipublikasikan di Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s